Panduan Mengisi Riwayat Pekerjaan Pada Pendaftaran Pendataan Tenaga Non-ASN

Tahapan yang tak kalah penting dalam proses pendaftaran pendataan tenaga non-ASN adalah tahap pengisian riwayat pekerjaan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah pastikan biodata yang dibutuhkan telah terisi. Lalu klik tombol “Selanjutnya” untuk menyimpan biodata yang telah diisi. Setelah itu pendaftar akan diarahkan untuk mengisi data riwayat pekerjaan. 

Baca : Panduan Pengisian Biodata Pada Pendaftaran Pendataan Tenaga Non-ASN

Pada tahap ini, pendaftar diminta untuk mengisi riwayat pekerjaan sesuai ketentuan bahwa riwayat pekerjaan yang ditambahkan hanya dari instansi penempatan saat ini.

Pada data awal, pendaftar dapat mengubah data riwayat pekerjaan, dan melengkapi Bukti Pembayaran beserta SK Jabatan di instansi penempatan saat ini. Untuk melakukan ubah data silahkan klik tombol “Ubah” 

Di laman ini, pendaftar hanya diperbolehkan merubah pendidikan yang sesuai dengan SK Jabatan.

Pendaftar dapat mengisi kolom Pendidikan dengan minimal 3 karakter dan kemudian memilih sesuai dengan referensi yang tersedia pada sistem, untuk menyimpan data pendidikan yang sudah diubah silahkan klik tombol “Simpan”, jika tidak melakukan perubahan silahkan klik tombol “Batal”. 

Berikut merupakan tampilan data pekerjaan yang sudah diubah sebelumnya, dimana data awal pendidikan yaitu S-1 Pendidikan, kemudian diubah menjadi S-1 Ilmu Komputer yang sesuai dengan Surat Keterangan Jabatan. Jika ingin menambah riwayat pekerjaan, maka pendaftar dapat memilih tombol “Tambah Riwayat Pekerjaan”. 

Pada laman ini, pendaftar diminta mengisi informasi : 

  • Nomor Surat Keputusan Jabatan 
  • Tanggal Surat Keterangan Jabatan 
  • Tanggal Mulai Bekerja 
  • Tanggal Berakhir Bekerja 
  • Unit Kerja Penempatan 
  • Jabatan 
  • Pendidikan 
  • Jabatan Penandatangan Surat Keputusan Jabatan 
  • Jenis Jabatan Penandatangan Surat Keputusan 
  • Jenis Pembayaran Gaji 

Untuk pendidikan, jenis jabatan penandatangan SK dan jenis pembayaran pendaftar hanya dapat memilih sesuai dengan referensi ataupun pilihan yang telah tersedia pada sistem Pendataan Non ASN.

Jika data yang dimasukkan sudah lengkap, maka pendaftar dapat klik tombol “Simpan” dan klik tombol “Batal” jika tidak menambah riwayat pekerjaan.

Pada riwayat pekerjaan, akan tampil kolom baru dari data yang sudah dimasukkan sebelumnya. Jika terdapat kesalahan data, maka pendaftar dapat memilih tombol “Ubah” untuk memperbaiki data. Pendaftar juga dapat menghapus riwayat yang sudah ditambahkan dengan memilih tombol “Hapus”. Untuk ketentuan Riwayat Pekerjaan, pendaftar hanya diperbolehkan mengisi 5 riwayat pekerjaan terakhir.

Setelah mengisi data riwayat pekerjaan, pendaftar diharuskan melengkapi dokumen Bukti Pembayaran dan Surat Keterangan Jabatan di setiap riwayat yang sudah ditambahkan. 

Klik tombol “Unggah” untuk mengunggah dokumen, dan untuk memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggah maka dapat memilih tombol “Lihat”. Jika terdapat kesalahan dalam mengunggah dokumen, maka pendaftar dapat memilih tombol “Unggah” kembali, dan kemudian memilih file yang baru. Jika sudah selesai mengisi data riwayat pekerjaan dan mengunggah dokumen yang disyaratkan, maka pendaftar dapat klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke laman resume.

Setelah Tenaga Non ASN melengkapi riwayat pekerjaan, maka akan tampil halaman resume seperti gambar di bawah ini:

Tenaga Non ASN wajib membaca dan memeriksa kembali data-data yang telah diisi dan dokumen yang telah diunggah, kemudian membubuhkan tanda ‘Centang’ pada kotak yang tersedia.

Jika Tenaga Non ASN masih belum yakin dengan data dan dokumen yang telah dilengkapi, Tenaga Non ASN dapat kembali ke form sebelumnya dengan klik tombol “Selanjutnya”, kemudian memperbaiki data tersebut.

Setelah yakin dengan isian resume, Tenaga Non ASN dapat mengakhiri proses pendataan dengan klik tombol “Akhiri Proses Pendataan”. Dengan mengklik tombol tersebut, Tenaga Non ASN bersedia menanggung akibat hukum apabila data tidak sesuai dengan dokumen.

Sebelum mencetak kartu pendataan, terdapat peringatan yang menjelaskan bahwa setelah pendataan diakhiri dan diproses, maka peserta tidak dapat mengubah baik data dan juga dokumen (biodata, riwayat pekerjaan) yang sudah diunggah sebelumnya. Jika sudah yakin untuk mengakhiri dan memproses pendataan maka silahkan pilih tombol “Iya”. 

Apabila Tenaga Non ASN masih ragu dan ingin memperbaiki data yang sudah diinput, maka silahkan pilih tombol tidak, dan periksa kembali data dengan klik tombol “Selanjutnya”.

Baca : Cara Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran Pendataan Tenaga Non-ASN

130 thoughts on “Panduan Mengisi Riwayat Pekerjaan Pada Pendaftaran Pendataan Tenaga Non-ASN”

    • Coba logout lalu login lagi kak. Pastikan kakak pakai Google Chrome atau Mozila Firefox versi terbaru ya. Atau boleh dicoba untuk login pada device lain kak. Jika masih belum muncul, coba untuk menghubungi admin instansi kak.

      Reply
  1. Saya blm selesai mengisi riwayat pekerjaan tapi tnpa sengaja saya penct selanjutnya, trus ketika kembali ke riwayat pekerjaan sh tdk bisa ditambah lagi… bagaimana caranya agar bisa menambah riwayat pekerjaan lagi ?

    Reply
    • Coba logout lalu login lagi kak. Pastikan kakak pakai Google Chrome atau Mozila Firefox versi terbaru ya. Atau boleh dicoba untuk login pada device lain kak. Jika masih belum muncul, coba untuk menghubungi admin instansi kak.

      Reply
  2. kenapa Untuk ketentuan Riwayat Pekerjaan, pendaftar hanya diperbolehkan mengisi 5 riwayat pekerjaan terakhir? sementara riwayat pekerjaan saya dr th 2011 s/d 2021

    Reply
  3. Sama sy juga terlewat mengisi riwayat pekerjaan, dan sudah dilakukan resume, kartu pendaftaran sudah keluar juga.. Bagaimana ya caranya..😭

    Reply
    • Hubungi admin instansi saja kak. Nanti minta bantu untuk diperbaiki. Selama pihak instansi belum melakukan finalisasi data, masih bisa untuk diperbaiki.

      Reply
      • Mohon petunjuk ka, darimana kita tahu kalo admin kita sudah validasi data kita..apakah ada pemberitahuan & melalui apa,?? Atau tidak. Terima kasih.

        Reply
        • Kalau untuk itu, bisa jadi berbeda disetiap instansi. Ada yang menginformasikan saat hendak “Finalisasi” data, kemungkinan juga ada yang tidak menginformasikan. Jadi untuk pastinya, bisa kakak tanyakan langsung saja ke bagian admin pendataan di instansi tempat kakak bekerja.

          Reply
    • Silahkan menghubungi admin instansi ya kak. Selama admin instansi belum melakukan finalisasi data, masih bisa melakukan perbaikan.

      Reply
  4. maksimal pengisian riwayat pekerjaan di isi sampai berapa bars yaa? koq saya di 6 baris yg tanda tambah riwayat pekerjaannya hilang yaa.. kenapa yaa?

    Reply
  5. Kalau kolom tambah riwayat pekerjaan sudah tidak muncul, padahal masih ada SK (riwayat pekerjaan yang mau ditambahkan) solusinya gimana,?

    Reply
  6. berapa tahun riwayat pekerjaan yang harus diisikan… karna saya tertinggal 1 tahun pengisian riwayat pekerjaannya..tapi tidak bisa ditambahkan lagi..

    Reply
  7. nanya min, kalo di riwayat pekerjaan tidak ada tambah riwayat (sebelah kiri pojok) padahal sk masih ada yg belum di input bagaimana menambahnya min..

    Reply
  8. Riwayat pekerjaan tidak bisa diubah dan di tambahkan karena tanggal awal kerja 2010 dan akhir kerja 2021…mohon solusinya? Terima kasih

    Reply
    • Silahkan menghubungi pihak admin instansi ya kak. Jika admin belum melakukan finalisasi data, masih ada kemungkinan data dapat diubah.

      Reply
    • Hubungi admin instansi saja kak. Nanti minta bantu untuk diperbaiki. Selama pihak instansi belum melakukan finalisasi data, masih bisa untuk diperbaiki.

      Reply
    • Tidak apa-apa kak. Dilanjutkan saja dulu untuk melengkapi biodata yang dibutuhkan. Nanti pada proses akhir, setelah melakukan resume, tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” akan muncul kembali.

      Reply
  9. Saya juga tdk mengisi riwayat pekerjaan karna tidak tau apakah bisa di ubah kalau sudah resume
    Apkah nanti akan berlaku pada masa honorer saya yg sdh 14 tahun tp terdata cmn setahun karna salah kasi msk riwayat pekerjaan

    Reply
  10. Kak masalah yg sama saya sudah resume sedangkan pada riwayat pekerjaan hanya 2021 yg di unggah sedangkan yg lainnya belum di unggah solusinya bagai mana ya kak

    Reply
  11. Izin bertanya kak, saya sudah menyelesaikan resume pendataan, namun saya baru sadar ternyata salah dalam mengisi mekanisme pembayarannya, yg seharusnya APBD malah APBN. Apakah nantinya akan berpengaruh?
    Apakah ada solusi untuk bisa memperbaikinya krmbali?

    Reply
  12. Kak tolong bantu jawab pertanyaan saya ya!
    Saya dulu pernah mengajar 2 th di instansi yang sama namun berbeda daerah dg yg sekarang. apakah SK yang saya punya dulu di instansi lama bisa ditambahkan di Riwayat Pekerjaan? Mohon bantuannya menjawab kak.

    Reply
  13. Tolong bantu jawab kak,, saya honor tahun 2018, tapi saya cuma. Mengaplod yang 2021 saja,, apakah nanti bermasalah kak,, padahal sudah 5 tahun honor tapi yang di di daftarkan riwayat pekerjaannya hanya 2021 saja,,,

    Reply
  14. Maaf tanya, bagaimana kalau Riwayat Pekerjaan salah input, contoh awal kerja yang seharusnya 1 Januari 2021 itu di input Awal masuk kerja contoh “2017”
    itu bagaimana ya solusinya, itu hampir tiap kabupaten masalahnya seperti itu.

    Reply
  15. mohon bantuan banyak teman-teman yang sudah akhiri proses pendataan tetapi riwayat pekerjaan hanya terisi di tahun 2021 saja. Apakah bisa diberikan solusi untuk bisa mengedit/memperbaiki isian Riwayat pekerjaan?

    Reply
  16. Kak mau tanya, pada saat mengisi riwayat jabatan itu jabatannya sesuai SK yg dilampirkan (PPNPN Tenaga Penunjang) atau semua diisi dengan jabatan konversi yg sudah dipilih sesuai nama jabatan ASN? (con: Analis Keuangan, Analis TU dll) terima kasih sebelumnya kak

    Reply
  17. Kak knp saat mau unggah riwayat kerja lainnya muncul tulisan galat “tanggal yang anda masukkan berada diantara tanggal kerja lainnya “mohon solusi

    Reply
  18. Izin bertanya ka,, untuk pengisian biodata, riwayat tidak bisa dilakukan,, hab is login langsung muncul resume, tapi tidak ada tombol cetak bukti pendataan

    Reply
  19. saya mau tanya, saya baru melakukan pendaftaran akun dan baru sampai pada riwayat pekerjaan, saya belum unggah dokumen riwayat pekerjaan langsung kendala jaringan. pas di buka lagi sudah masuk ke menu resume dan hasilnya sudah fix sedangkan saya belum lanjutkan. solusinya gimana ini? mohon penjelasan

    Reply
  20. Kak kalau sk nya terputus gimana, misal nya 2011 kita tetap sk sampai 2016 kemudian putus sambung lagi 2021 tapi belum penuh satu tahun, dan kalau riwayat pekerjaan boleh egak lebih dari 5 tahun isi nya🙏

    Reply
  21. Saya dan teman2 sudah sampai resum, dan cetak kartu, tapi riwayat pekerjaan tidak bisa ditambahkan lagi, gimana ni kak sayangkan kita kerja dari tahun 2005 sedangkan yang diuplod hanya tahun 2021, tolong dong dibukakan kembali link akunnya biar kita bisa tambahkan riwayat pekerjaannya. Terima kasih kk dan mohon petunjuk🙏

    Reply
  22. Ijin bertanya kak,

    Saya sudah isi riwayat pekerjaan, krna saya bekerja dri tahun 2019 hingga skarang… Sya juga mmasukkan SK di tahun 2022 pada riwayat pekerjaan.

    Apakh tdk apa-apa mmsukkan SK tahun 2022?

    Jika SK tahun 2022, tdk boleh dimasukkan dalam riwayat pkerjaan, bgaimana cara dihapus? Smntra saya telah mengakhiri proses pendaftaran pada akun saya.

    Mohon dibantu jawab yah kak. 🙏

    Reply
  23. Halo kakak/abang. Saya mau bertanya, jika di riwayat pekerjaan terjadi kendala dalam hal mengupload file SK/Slip gaji ini bagaimana ya ? Karena file yg baru terupload di akunnya baru 3 SK thn 2020 dan 2021 serta Slip gaji thn 2022. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    Reply
  24. Mohon maaf mau tanya kenapa pada saat klik simpan tapi muncul tanggal yang anda masukan berada di tanggal kerja riwayat lainnya, biasanya kalau muncul begitu kesalahannya di mana ?

    Reply
  25. Mohon info saya salah dalam pengisian penggajian seharus nya saya apbd tapi Ter isi apbn pada tahun 2020 dan 2019 di daftar riwayat hidup. Apa pengaruh mohon di bantu

    Reply

Leave a Reply