CPNS 2023 Dibuka Untuk Umum! Pendaftaran Dimulai Bulan Juni!

Pemerintah telah memastikan akan kembali membuka seleksi CPNS pada tahun 2023. Melalui laman resmi milik Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas selaku Menteri PAN-RB menyampaikan bahwa pada tahun ini rekrutmen CASN melingkupi seleksi CPNS yang dilakukan secara selektif dan terbatas serta seleksi PPPK. Seleksi CPNS tahun 2023 akan dibuka untuk jalur umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan. 

Total sebanyak 1.030.501 lowongan yang dibuka pada seleksi CASN pada tahun 2023. Dengan CASN Pusat sebanyak 80.869 lowongan, CASN Daerah sebanyak 943.373 lowongan dan Sekolah Kedinasan 6.259 lowongan.

Terkait formasi, pemerintah menyampaikan bahwa seleksi CPNS diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Formasi CPNS juga dibuka untuk jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 45 tahun 2022. 

Anas menjelaskan bahwa saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi.

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” imbuhnya.

Document

Klaim voucher potongan hingga 50 Ribu untuk semua paket belajar AYOCPNS

Dapatkan harga paket belajar terbaik hanya untukmu. Ambil sekarang dengan klik tombol di bawah sebelum kehabisan!

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni menyampaikan bahwa seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu. Alex mengatakan, pada bulan April mendatang sudah dimulai penetapan formasi. Sehingga pengumuman pendaftaran ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023. 

“Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” ungkap Alex Denni dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (27/01).