8 Syarat Umum Mendaftar Seleksi CPNS 2023! Perhatikan Baik-Baik!

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Alex Denni mengungkapkan bahwa kalender seleksi CASN baik untuk formasi CPNS maupun PPPK telah selesai disusun. Ia menyampaikan bahwa seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu. 

Alex mengatakan, pada bulan April mendatang sudah dimulai penetapan formasi. Sehingga pengumuman pendaftaran ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023. 

“Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” ungkap Alex Denni dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (27/01).

Syarat Mendaftar CPNS

Mengacu pada periode sebelumnya, persyaratan umum mendaftar pada seleksi CPNS tertuang dalam peraturan Menteri PAN-RB no. 27 tahun 2021. Adapun persyaratan umum yang harus diperhatikan sebelum mendaftar seleksi CPNS adalah sebagai berikut: 

  1. WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Adapun jabatan yang dapat dilamar dengan usia maksimal 40 tahun adalah: 1) Dokter dan Dokter Gigi (kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis), 2) Dokter Pendidik Klinis, 3) Dosen, Peneliti, dan Perekayasa (S3).
  2. Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, atau anggota TNI dan Polri.
  3. Tidak pernah diberhentikan secara hormat atas keinginan sendiri atau tidak hormat sebagai prajurit TNI, anggota Polisi, dan PNS. Serta tidak dipecat tidak hormat sebagai karyawan swasta.
  4. Tidak pernah terlibat tindak kejahatan pidana dengan kurungan penjara dua tahun atau lebih sesuai putusan pengadilan.
  5. Tidak terlibat aktivitas politik praktis atau tidak aktif menjadi anggota maupun pengurus partai politik.
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan formasi yang ditetapkan.
  7. Sehat secara jasmani dan rohani.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh NKRI atau negara lain berdasarkan ketentuan instansi pemerintah.

Nah, itu tadi syarat-syarat umum yang harus kamu perhatikan saat hendak mendaftar pada seleksi CPNS 2023. Meskipun belum ada peraturan resmi terkait CPNS 2023, tidak ada salahnya jika berkaca pada periode sebelumnya sebagai persiapan. 

Document

Klaim voucher potongan hingga 50 Ribu untuk semua paket belajar AYOCPNS

Dapatkan harga paket belajar terbaik hanya untukmu. Ambil sekarang dengan klik tombol di bawah sebelum kehabisan!

Bergabung bersama 800.000+ alumni AYOCPNS yang lain.

Selain memperhatikan syarat-syarat yang ada, kamu juga harus mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi ujian nantinya. Rajin-rajin belajar agar mampu bersaing dengan jutaan peserta lainnya. 

Belajar bareng AYOCPNS akan membuat kamu semakin percaya diri menghadapi ujian nanti! Dilengkapi dengan materi mulai dari TIU, TWK, dan TKP. Ribuan latihan soal dan try out HOTS siap mengasah kemampuan kamu.

Ikuti program BIMBEL CPNS ADVANCE SKD Batch 17!!! 

AYOCPNS sedang membuka pendaftaran bimbel ADVANCE SKD batch 17 loh!!! Dibimbing dengan coach berpengalaman yang telah terbukti meluluskan banyak pejuang CPNS, dijamin belajar kamu akan semakin mudah dan menyenangkan.

Tunggu apa lagi? Gabung sekarang juga dan dapatkan potongan harga menariknya!

Daftar di ayocpns.com