4 Jalur Masuk Kepolisian Republik Indonesia Tahun 2023! Kamu Yang Mana?

Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) membuka rekrutmen anggota baru pada tahun 2023. Pendaftaran dibuka bagi lulusan SMA maupun sarjana. 

Pendaftaran Polri 2022 sendiri dilakukan secara online melalui laman resmi polri, penerimaaan.polri.go.id

Melansir dari laman resmi penerimaan polri, terdapat 4 jalur untuk menjadi anggota POLRI, yakni Tamtama, Bintara, Akademi Kepolisian (AKPOL), dan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). 

Tamtama

Pendidikan pada jalur tamtama ditempuh selama 5 bulan. Pada pendidikan ini mempelajari berbagai hal teknis seperti kepolisian lalu lintas, intelijen, binmas, dan reserse. Lulusan tamtama akan mendapat pangkat Bhayangkara Dua atau Bharada.

Pendidikan bertempat di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur dan Tamtama Polair di Pusdik Polair Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Bintara 

Pendidikan bintara fokus terhadap pembelajaran terkait hal teknis dan operasional seperti pendidikan tamtama. Hanya saja lulusan bintara memiliki pangkat yang berbeda dari tamtama, yakni Brigadir Dua atau Bripda.

Pendidikan bintara dilakukan di Sekolah Polisi Negara (SPN) tiap Polda, Pusat Pendidikan (Pusdik) Brimob, dan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan).

Akademi Kepolisian (AKPOL)

Akademi Kepolisian memiliki waktu pendidikan yang lebih panjang yakni 4 tahun. Penerimaan Akpol merupakan penerimaan calon perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri. Selain mendapat gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK) lulusan AKPOL juga mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Pendidikan AKPOL dilakukan di AKPOL Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah.

Ujian penerimaan taruna/taruni AKPOL diselenggarakan di tingkat daerah terlebih dahulu oleh panitia daerah di Polda untuk selanjutnya di tingkat pusat oleh panitia pusat di AKPOL, Semarang.

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Jalur SIPSS diperuntukkan bagi lulusan sarjana yang ingin masuk kepolisian. Pada jalur ini sarjana yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan akan mendapatkan pendidikan kepolisian selama 6 bulan yang bertempat di AKPOL Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah. Lulusan SIPSS memiliki pangkat Ipda dan akan ditugaskan sesuai dengan keahlian dan kompetensi keilmuan masing-masing untuk mendukung tugas kepolisian mendapat pangkat seperti lulusan AKPOL, yakni Ipda.

Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polda sebagai panitia daerah (Panda) dan seleksi tingkat pusat oleh Mabes Polri sebagai Panitia Pusat.