1 Juta Formasi PPPK Dibuka Pada Seleksi CASN 2023! Intip Formasinya!

Panitia Seleksi Nasional atau panselnas menggelar rapat terkait seleksi CASN tahun 2023. Rapat tersebut bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPAN-RB pada Kamis 26 Januari 2023 kemarin. Hal tersebut diketahui melalui unggahan Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Nunuk Suryani pada akun media sosial pribadi miliknya.

Total sebanyak 1.030.501 lowongan formasi yang dibuka pada seleksi CASN pada tahun 2023. Dengan CASN Pusat sebanyak 80.869 lowongan, CASN Daerah sebanyak 943.373 lowongan dan Sekolah Kedinasan 6.259 lowongan.

Pada rapat tersebut disampaikan rincian kebutuhan PPPK pada seleksi PPPK tahun 2023. Adapun kebutuhan PPPK pusat sebanyak 56.450 formasi. Sedangkan untuk PPPK daerah sebanyak 943.373 formasi dengan rincian sebagai berikut:

  1. PPPK Tenaga Guru sebanyak 580.202 formasi
  2. PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 327.542 formasi
  3. PPPK Tenaga Teknis sebanyak 35.629 formasi

Dalam unggahannya, Nunuk menyampaikan bahwa PPPK guru dan tenaga kesehatan masih menjadi prioritas pada seleksi CASN tahun 2023. 

Merujuk pada tahun sebelumnya, seleksi PPPK terdiri dari 2 tahapan yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi administrasi merupakan seleksi penyesuaian berkas yang dikirimkan oleh pelamar dengan berkas yang disyaratkan oleh instansi. Sedangkan seleksi kompetensi sendiri merupakan seleksi yang diujikan untuk menilai kemampuan pelamar. Seleksi kompetensi dalam PPPK terdiri dari 4 kategori materi yakni:

  1. Kompetensi teknis
  2. Kompetensi manajerial
  3. Kompetensi sosio kultural
  4. Wawancara

Apakah kamu sudah siap bersaing dengan jutaan pelamar seleksi PPPK tahun 2023?

Yuk gabung Bimbel PPPK Manajerial dan Sosio Kultural Batch #9 di AYOPPPK. 

(BONUS WAWANCARA)

This image has an empty alt attribute; its file name is VwMRAUEgJs7T519AEenON-3Hd7cJTt_UswtWXUwY0KWiRfV9_EWEht8XNPn6RgDILUSgEv4P1xfUbz4oBEnMWaN1NLxQSeLqFdDSfaecYiEITNdm_DTsGmj-QCF-jvt-TNEUceUQho81L04VX6D5xDOoBI8FPttnCeGggxCsqBKvPs_HuiNZcASL3dUPYg

AYOPPPK sedang membuka pendaftaran Bimbel Manajerial dan Sosiokultural Batch #9. Bimbel ini dapat diikuti oleh seluruh formasi PPPK, baik keguruan, nakes (tenaga kesehatan), penyuluh, maupun jabatan teknis lainnya. Karena bimbel ini akan mempelajari kemampuan manajerial dan sosio kultural yang merupakan materi wajib pada seleksi kompetensi PPPK. 

Apa saja fasilitas yang didapatkan?
  • Sesi pertemuan live virtual melalui Zoom sesuai dengan jadwal belajar
  • Disediakan video rekaman ulang sehingga kamu bisa mengikuti pembelajaran jika berhalangan hadir mengikuti pertemuan live.
  • Belajar dari dasar bersama coach profesional
  • Latihan soal dan try out
  • Grup diskusi
  • Skor dan grafik informatif
  • Praktis dan simpel
  • Bonus latihan soal
  • Full akses selama satu tahun

AYOPPPK juga menyediakan paket mandiri untuk berlatih soal dan try out. Saat ini sudah tersedia beragam formasi seperti apoteker dan farmasi, bidan, perawat, guru bahasa, guru IPA dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website ayopppk.com