Tahapan Seleksi PPPK Tahun 2022 Telah Dimulai! Honorer Dan Pelamar Umum Bersiap!

Tahapan seleksi pengadaan PPPK tahun 2022 telah dimulai. Hal tersebut ditandai dengan serah terima naskah soal seleksi kompetensi PPPK. 

Naskah soal diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti, kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari Senin 29 Agustus 2022. 

Naskah soal yang diserahkan meliputi naskah soal kompetensi manajerial, kompetensi  sosio kultural, dan wawancara. Pada kesempatan kali ini juga diserahkan naskah soal seleksi kompetensi teknis jabatan fungsional Dosen

Panselnas yang diwakili Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni menyampaikan bahwa naskah soal yang telah diserahkan akan digunakan dalam seleksi kompetensi PPPK 2022. 

Seleksi kompetensi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki pelamar dengan standar kompetensi jabatan calon pelamar.

Buat kamu yang masih bingung mau belajar dari mana, yuk gabung Bimbel PPPK Manajerial dan Sosio Kultural Batch #4 di https://ayopppk.com. Bimbel akan dimulai pada Kamis, 15 September 2022. Ada 9 kali pertemuan Live via Zoom. Belajar dari dasar bersama dengan coach berpengalaman, dijamin belajar kamu jadi lebih mudah dan menyenangkan. Disediakan juga rekaman ulang di setiap pertemuan.

Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. Hal ini juga demi menjamin transparansi, objektivitas dan akuntabilitas dalam setiap tahapannya. 

Tim Panselnas yang terdiri dari Kementerian PANRB, BSSN, BPKP, BRIN, dan BKN ikut terlibat dalam pengawasan dan pengamanan kegiatan penyusunan dan transfer naskah soal seleksi PPPK.

Panselnas diharapkan bisa tetap solid dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan soal sejak diterima, ditransfer dari server Kemendikbudristek ke server BKN, dan sampai dengan digunakan untuk proses seleksi nantinya.  

Mari kawal, kelola serta manfaatkan dengan baik dan bertanggung jawab agar seluruh proses seleksi bisa berjalan dengan lancar.

Alex Denni, Sekretaris Tim Pengarah Panselnas Pengadaan CASN 2022