Seleksi CPNS 2023 Akan Dibuka Bulan September! Harap Bersiap!

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akan dibuka pada bulan September mendatang. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam wawancaranya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin 12 Juni 2023 kemarin. 

Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan, pembukaan seleksi CPNS akan dilakukan setelah formasi seleksi telah ditetapkan secara resmi. Saat ini, pihaknya tengah menghitung kepastian formasi untuk seleksi CPNS. 

“(Dibuka) September 2023 ini mulai kan kita tetapkan dulu formasinya. Sudah kami usulkan ke Kementerian Keuangan. Saya sudah sampaikan ke kementerian dan lembaga juga,” ujar Anas

Sampai saat ini, berdasarkan usulan dari berbagai kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah ada 1.030.000 formasi untuk CPNS mendatang.

Dalam seleksi kali ini, Anas berharap agar seleksi CPNS 2023 dapat membantu menyelesaikan persoalan tenaga honorer dan sekaligus dapat memberikan kesempatan kepada fresh graduate yang ingin mengabdi kepada negara. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa fresh graduate yang diutamakan adalah fresh graduate yang talenta digital. 

“Tentu nanti yang fresh graduate kriterianya akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat di kementerian dan lembaga, maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” lanjut Anas.