Panduan Mendaftar Formasi CPNS 2023 Di Laman SSCASN

Setelah berhasil melakukan pendaftaran akun, langkah selanjutnya adalah pelamar mendaftar formasi atau melamar pada jabatan yang diinginkan. Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.

Baca: Langkah – Langkah Pembuatan Akun Di SSCASN! Jangan Sampai Keliru

Cara Mendaftar Formasi

Adapun cara untuk mendaftar formasi adalah sebagai berikut: 

  1. Akses laman https://sscasn.bkn.go.id kemudian klik tombol “Login” yang tertera di sudut kanan atas, atau klik tombol “Lanjutkan Login Pendaftaran” setelah pelamar mencetak Kartu Informasi Akun.
  2. Masukan NIK dan password yang telah didaftarkan lalu klik “Masuk”.
  3. Muncul tampilan Langkah 1: Pengisian Biodata. HARAP MEMBACA seluruh info dan himbauan yang tercantum di web. Sebelum melanjutkan proses login, pastikan:
  • Mengakhiri pendaftaran sampai tahapan terakhir (RESUME) agar berkas dapat diverifikasi oleh instansi
  • Tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran
  • Perhitungan usia pada saat melamar dihitung pada waktu MENGAKHIRI PENDAFTARAN
  1. Kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai KTP), serta Nama Pembuatan Akun telah terisi secara otomatis.
  2. Pada form ini pelamar masih dapat mengubah beberapa data yang diinput pada tahap sebelumnya yaitu: Nama (Sesuai Ijazah), Email, dan Jenis Kelamin
  3. Lengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah. Bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan dan atau gelar belakang, isi dengan tanda ‘ – ‘
  4. Masukkan Alamat (Sesuai KTP) dan isi apakah pelamar sedang mengikuti program beasiswa.
  5. Pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia. Apabila pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamar harus menginput Link Video yang berkaitan dengan disabilitas yang dipilih
  6. Lengkapi Alamat Domisili (termasuk kelurahan dan kecamatan), Negara, Provinsi dan Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Handphone dan Tanda Tangan pada area yang tersedia. Bila data telah dilengkapi, klik “Selanjutnya
  7. Pada tampilan Langkah 2: Memilih Jenis Seleksi, pilih jenis seleksi yang sesuai pada kolom yang tersedia, jika kamu bukan eks THK- II silahkan pilih tidak. Setelah itu klik “Selanjutnya” 
Setelah itu akan muncul halaman Langkah 3: Mendaftar Formasi
  1. Pertama, pilih instansi. Jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar.
  2. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.
  3. Klik “Pilih” dan form detail formasi akan tampil. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik “Ulang
  4. Pilih Pendidikan sesuai dengan ijazah.
  5. Pilih Jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih.
  6. Pilih Lokasi Formasi.
  7. Pilih Lokasi Tes; kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi tes. Jika pilihan ini tidak tersedia maka lokasi tes akan ditentukan oleh instansi. 
  8. Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.21. Nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah.
  9. Untuk beberapa instansi yang memiliki persyaratan Skor Tes Bahasa Inggris, silahkan memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi. Setelah jenis tes dipilih, isi kolom sebelahnya dengan skor pelamar sesuai dengan ketentuan.
  10. Isi Nomor Ijazah.
  11. Isi Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
  12. Isi Jenis Perguruan Tinggi (Dalam Negeri atau Luar Negeri).
  13. Isi Tanggal Ijazah sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
  14. Untuk formasi ketik nama Perguruan Tinggi. Kolom ini merupakan autocomplete, untuk mengisi Nama Perguruan Tinggi, masukkan beberapa huruf atau kombinasi nama panjang/nama singkatan/penambahan nama daerah, kemudian pilih nama yang sesuai.
  15. Ketik nama Perguruan Tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di Ijazah. Untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi Nama Sekolah sesuai dengan yang tertulis di ijazah. 
  16. Isi Nama Perguruan Tinggi (PT) dan Nama Program Studi (Prodi). Jika Perguruan Tinggi atau Prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka Akreditasi Lembaga dan Akreditasi Program Studi akan muncul secara otomatis.
    Jika Lembaga/Prodi tidak terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka pelamar dapat mengisi secara mandiri akreditasi Lembaga/Prodinya (A,B,C, atau Lainnya). Akreditasi yang dimaksud adalah Akreditasi Lembaga/Prodi pada saat pelamar lulus.
  17. Isi kode CAPTCHA.
  18. Klik “Selanjutnya”.
Setelah pelamar Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi, tahap selanjutnya adalah isi riwayat pekerjaan. Pada tahap ini pelamar dapat menambahkan riwayat pekerjaan dan riwayat penulisan ilmiah lebih dari satu jika ada, tetapi jika tidak tidak ada silahkan klik tombol "selanjutnya" untuk menuju tahap selanjutnya.

Diharapkan untuk tetap tenang dan teliti dalam mengisi data-data yang diminta.

Lebih siap hadapi seleksi CPNS 2023 bersama AYOCPNS

STOP GALAU!!! Buat kamu yang masih bingung mau belajar apa dan mulai dari mana, AYOCPNS siap membantu kamu untuk belajar CPNS mulai DARI DASAR! Daftar dan ikuti kelas BIMBEL INTENSIF SKD Batch 24.

Belajar dimana saja dan kapan saja lebih mudah bersama AYOCPNS.