Kamu Harus Tahu! Nilai Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2022

Pendaftaran sekolah kedinasan 2022 telah resmi ditutup pada 30 April kemarin. Saat ini seleksi penerimaan mahasiswa, praja, dan taruna sekolah kedinasan akan memasuki tahap ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Melalui laman resmi pendaftaran sekolah kedinasan, pelaksanaan ujian SKD direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Mei hingga Juni 2022. Namun, hingga sekarang belum ada pengumuman resmi terkait kepastian tanggal pelaksanaan ujian SKD sekolah kedinasan.

Pelaksanaan ujian SKD yang dilakukan dengan metode CAT terdiri dari 3 materi soal, yaitu: 

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU) 
  2. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

Ujian SKD terdiri dari 100 butir soal dengan rincian materi TIU 35 soal,TKP terdiri dari 45 soal, dan TWK sebanyak 30 soal. Untuk dapat lulus ujian SKD kamu perlu memperoleh nilai tertinggi dan melebihi nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan.

Merujuk pada Keputusan Menteri PANRB Nomor 93 Tahun 2022 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2022, nilai ambang batas masing-masing materi adalah sebagai berikut: 

  1. Nilai ambang batas TIU sebesar 80
  2. Nilai ambang batas TKP sebesar 156
  3. Nilai ambang batas TWK sebesar 65

Nilai ambang batas di atas dikecualikan bagi peserta dengan jalur afirmasi. Khusus untuk peserta afirmasi, nilai TIU paling rendah adalah 55. 

Sudah yakinkah kamu bisa melampaui nilai ambang batas yang telah ditentukan?

Belum?

Jangan khawatir!!! Yuk ikuti Bimbel SIAP SKD Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2022 yang akan dimulai pada hari Senin, 6 Juni 2022 via Zoom dan live streaming YouTube. Dibimbing dengan coach-coach profesional yang akan membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian SKD. Dijamin, belajar kamu jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Tunggu apalagi? Jangan sampai ketinggalan ya.

Leave a Reply