Berikut Bobot Nilai Ujian SKD Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2022, Harap Diperhatikan!

Peserta yang lulus seleksi administrasi akan melaju ke tahap berikutnya yakni ujian SKD. Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilewati pada seleksi penerimaan mahasiswa, praja, dan taruna sekolah kedinasan 2022.

Ujian SKD terdiri 3 materi yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Terdapat 100 butir soal pada ujian SKD dengan rincian materi TIU sebanyak 35 soal, TKP 45 soal, dan TWK sebanyak 30 soal. 

Masing-masing materi memiliki nilai ambang batas atau passing grade yang harus kamu lewati agar lulus ujian SKD. Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 93 Tahun 2022, nilai passing grade TIU sebesar 80, nilai passing grade TKP sebesar 156, dan nilai passing grade TWK sebesar 65. 

Selain nilai passing grade, bobot nilai masing-masing materi juga penting untuk diperhatikan. Hal tersebut guna mengukur berapa banyak minimal soal yang harus kamu kerjakan dengan benar agar dapat melewati nilai passing grade. Berikut rincian bobot penilaian masing-masing materi:

  1. Materi TIU: jawaban benar bernilai 5 (lima) dan jawaban salah atau tidak menjawab  bernilai 0 (nol)
  2. Materi TKP: semua jawaban benar, dengan nilai paling tinggi 5 (lima) dan paling rendah 1 (satu). Tidak menjawab 0 (nol).
  3. Materi TWK: jawaban benar bernilai 5 (lima) dan jawaban salah atau tidak menjawab  bernilai 0 (nol)

dengan demikian, nilai kumulatif terendah yang harus dicapai peserta agar lulus ujian SKD adalah sebesar 301 untuk peserta reguler dan 281 untuk peserta afirmasi. Sedangkan nilai kumulatif tertinggi yang dapat dicapai adalah 550. 

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk bersaing pada ujian SKD mendatang?

Matangkan persiapan kamu dengan gabung bersama Bimbel SIAP SKD Sekolah Kedinasan (SEKDIN) 2022. Belajar persiapan ujian SKD dapat dengan mudah kapanpun dan dimanapun. 

Jangan tunggu lama-lama! Daftarkan diri kamu sekarang juga!

Leave a Reply