Jangan Sampai Salah! Panduan Pengisian DRH NI PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022!

Seleksi penerimaan PPPK tenaga kesehatan tahun 2022 telah sampai pada tahap pengisian DRH NI PPPK. Tahapan tersebut telah dimulai sejak tanggal 12 Januari 2023. Tahapan pengisian DRH NI PPPK tenaga kesehatan dijadwalkan akan berlangsung hingga 5 Februari 2023 mendatang. Hal tersebut tertuang dalam surat bernomor 44205/B-KS.04.01/SD/K/2022 yang ditandatangani oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana pada 30 Desember 2022. 

Pengisian DRH NI PPPK dapat dilakukan apabila peserta dinyatakan lulus seluruh tahapan seleksi PPPK tenaga kesehatan. 

Berdasarkan buku petunjuk teknis pengisian daftar riwayat hidup CASN dari BKN, berikut merupakan cara mengisi DRH PPPK tenaga kesehatan: 

  1. Masuk pada laman website link https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Login dengan memasukkan NIK dan password akun SSCASN BKN.
  3. Di halaman akun SSCASN BKN akan ada notifikasi pengumuman lulus PPPK tenaga kesehatan 2022 dan tulisan ‘Apakah Anda ingin melanjutkan pengisian daftar riwayat hidup dan pemberkasan CASN?
  4. Pilih ‘Ya‘ apabila Anda ingin melanjutkan pemberkasan atau pilih ‘Tidak, saya ingin mengundurkan diri‘ apabila Anda tidak ingin melanjutkan.

Kemudian bagi peserta yang klik ‘Ya’ dapat mengisi DRH NI PPPK Tenaga Kesehatan. Berikut langkah-langkah atau cara untuk mengisi daftar riwayat hidup (DRH) NI PPPK Kesehatan 2022:

Pengisian Data Perorangan

Pada halaman pengisian data perorangan dilengkapi seluruh data, seperti NIK, nama sesuai KTP, nama sesuai ijazah, tempat lahir ijazah, gelar belakang ijazah dan data lainnya.

Pada pengisian data perorangan terbagi dengan biodata, alamat domisili dan keterangan lainnya. Kemudian pada kolom hobby, peserta dapat mengisi lebih dari satu jenis.

Pastikan semua kolom yang bertanda bintang (*) telah terisi. Selanjutnya peserta harus mengisi kolom captcha.

Riwayat Pendidikan

Pada pengisian riwayat pendidikan, peserta juga dapat mengisi riwayat kursus. Lalu untuk pendidikan yang digunakan saat melamar formasi jabatan telah otomatis muncul tetapi dapat diubah untuk dilengkapi kolom-kolom yang masih kosong.

Adapun data yang harus dilengkapi pada pengisian riwayat pendidikan, antara lain tingkat pendidikan, jurusan, gelar depan, akreditas dan data lainnya.

Bagi peserta yang ingin mengubah data riwayat pendidikan, klik tombol ‘ubah’, lalu silakan ubah data. Setelah itu, klik tombol ‘simpan’ untuk menyimpan perubahan data yang telah dilakukan.

Perlu diketahui, peserta tidak dapat menambahkan pendidikan lain yang setingkat dengan pendidikan yang digunakan untuk melamar, atau pendidikan yang setingkat lebih tinggi.

Pada bagian bawah, klik tombol ‘tambah pendidikan, kemudian isi pendidikan sejak sekolah dasar, menengah dan atas.

Setelah itu, selanjutnya pengisian riwayat kursus. Jika peserta pernah mengikuti kursus, silakan klik tombol tambah kursus ‘tambah kursus’.

Peserta wajib mengisi data-data yang bertanda bintang (*). Untuk pengisian data tempat, silakan isi dengan nama kota atau negara tempat pelaksanaan kursus.

Riwayat Pekerjaan

Pada halaman ini, peserta diwajibkan mengisi riwayat pekerjaan (jika ada), penghargaan (jika ada) dan prestasi (jika ada). Untuk riwayat pekerjaan terdapat kolom yang tersedia seperti, perusahaan, jabatan, tanggal mulai, tanggal selesai dan seterusnya.

Sementara untuk riwayat penghargaan, terdapat kolom lencana penghargaan, nomor surat keputusan (SK), tanggal SK dan seterusnya. Kemudian untuk riwayat prestasi, peserta dapat mengisi nama prestasi, tingkat dan tahun.

Jika ingin menambahkan riwayat pekerjaan, silakan klik tombol ‘tambah riwayat pekerjaan’. Begitupun dengan riwayat penghargaan dan prestasi.

Riwayat Keluarga

Pada halaman ini, peserta diwajibkan mengisi seluruh anggota keluarga, diantaranya pasangan (suami/istri), anak, saudara kandung (kakak dan adik) dan mertua (bapak dan ibu).

Jika ingin menambah data pasangan, silakan klik tombol ‘tambah riwayat suami/istri’. Apabila pasangan peserta seorang PNS, maka silakan klik NIP pasangan dan nama lalu klik tombol ‘cari PNS’.

Jika pasangan bukan PNS, silakan isi kolom-kolom yang diberi tanda bintang secara lengkap. Begitu pun dengan riwayat anak.

Organisasi

Untuk langkah kelima, peserta wajib mengisi riwayat organisasi (jika ada) dan mengisikan data lain-lain yang dibutuhkan. Peserta dapat melihat petunjuk pengisian data keterangan lainnya yang ada pada box berwarna kuning.

Lalu peserta harus mengisi kode captcha pada kolom yang tersedia. Jika ingin menambah riwayat organisasi, silakan klik tombol ‘tambah riwayat organisasi’.

Unggah Dokumen

Langkah selanjutnya, peserta diwajibkan melakukan dua kali klik cetak DRH yang telah diisi dengan klik tombol ‘Cetak DRH Perorangan’ dan ‘Cetak DRH Riwayat’.

Selanjutnya menulis data-data yang diharuskan untuk ditulis tangan di DRH yang telah dicetak dan menandatangani DRH. Setelah itu, wajib untuk diunggah kembali ke SSCASN.

Peserta masih dapat melakukan perubahan pengisian data sebelum klik tombol ‘Akhiri Proses Pengisian DRH’. Tombol ‘Akhiri Proses Pengisian DRH’ baru dapat di klik jika seluruh unggahan dokumen persyaratan telah lengkap diunggah.

Leave a Reply