Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda! Akan Diumumkan Pada Minggu Akhir Februari 2023!

Pengumuman hasil seleksi PPPK guru untuk pelamar prioritas 1 (P1), pelamar prioritas 2 (P2), pelamar prioritas 3 (P3), dan pelamar umum ditunda. Sebelumnya, hasil seleksi PPPK guru untuk P1, P2, P3, dan pelamar umum dijadwalkan akan diumumkan pada 2-3 Februari 2023. Namun hingga saat ini 5 Februari 2023, masih belum ada pemberitahuan lanjutan terkait pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022. 

Melalui akun media sosial resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), Pemerintah menyampaikan adanya penundaan pengumuman hasil seleksi Guru ASN PPPK tahun 2022. Pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. 

Penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 disebabkan karena Panselnas masih melakukan koordinasi dan sinkronisasi dalam rangka mengoptimalisasikan pemenuhan kebutuhan PPPK guru 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani. 

Nunuk juga menyampaikan bahwa setelah dilakukan seleksi PPPK 2022 untuk P1, P2, P3, dan pelamar umum, masih terdapat formasi kosong serta kuota yang belum terserap. Sehingga Panselnas mengupayakan formasi yang masih kosong agar dapat terisi. 

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar bisa diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi,” kata Nunuk yang dirilis oleh Kompas.com pada Jumat  (3/2/2023). 

Penundaan dilakukan sebagai bentuk upaya Panselnas dalam memaksimalkan formasi yang tersedia. Pihaknya meminta agar hal ini dapat dipahami dan dimengerti oleh peserta seleksi PPPK guru tahun 2022. 

“InsyaAllah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat Februari sesuai arahan BKN,” pungkas Nunuk.

Pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 dapat dilihat melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id