Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Seorang PNS! Simak Baik-Baik!

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan salah satu profesi yang memiliki banyak sekali peminat. Hal tersebut disebabkan karena selain gaji pokok dan tunjangan, seorang PNS akan memperoleh dana pensiun di masa tua nanti. 

Tahukah kamu bahwa gaji PNS berbeda-beda? 

Gaji seorang PNS berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi gaji seorang PNS:

  1. Masa Kerja

Gaji PNS pemula pasti berbeda dengan PNS yang telah lama bekerja. Semakin lama masa kerja semakin besar pula gajinya. Pendapatan PNS akan mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu dan jenjang karir. 

  1. Tempat Penugasan

Lokasi tempat PNS ditugaskan pada suatu daerah dapat mempengaruhi gaji. Oleh sebab kondisi dan tingkat perekonomian antar daerah berbeda-beda, gaji PNS antar dinas satu dan lainnya bisa berbeda pula.

  1. Golongan 

Golongan pegawai PNS juga berpengaruh terhadap gaji yang diterima. Penetapan golongan didasarkan pada tingkat pendidikan terakhir yang telah ditempuh dan pengalaman berkarir. Agar golongan PNS semakin meningkat, tingkat pendidikan juga harus semakin tinggi dan perbaikan terhadap jenjang karir.

  1. Pangkat/Jabatan

Sama halnya seperti golongan, jabatan pegawai PNS juga sangat berpengaruh pada gaji. Semakin tinggi jabatan, maka semakin tinggi juga gaji yang didapatkan. Hal ini karena beban kerja dan tanggung jawa pada setiap jabatan juga berbeda, maka bentuk apresiasi berupa gaji juga berbeda.

  1. Jumlah Tunjangan

Gaji PNS memiliki beberapa tunjangan, antara lain tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan makan, tunjangan jabatan, hingga tunjangan umum.