Dua Kategori Pelamar PPPK Guru 2022. Kamu Yang Mana?

Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN kembali dibuka pada tahun 2022. Kali ini, pemerintah membuka dua jalur dalam penerimaan ASN 2022 yakni CPNS jalur sekolah kedinasan dan PPPK untuk guru dan non-guru. 

Seleksi penerimaan CASN jalur PPPK dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 mendatang. Rencananya PPPK akan dibuka untuk kategori guru dan juga non-guru. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menerbitkan sejumlah peraturan berkaitan dengan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang termasuk di dalamnya adalah seleksi penerimaan PPPK guru. 

Baca : Jadwal Pelaksanaan Seleksi PPPK 2022 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan seleksi penerimaan PPPK guru tahun 2022 telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) PAN-RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022

Seleksi penerimaan PPPK guru tahun 2022 dibuka untuk dua kategori pelamar yakni kategori pelamar prioritas dan pelamar umum. Dengan penjelasan sebagai berikut:

Pelamar Prioritas

Pelamar prioritas dibagi ke dalam 3 bagian yakni:

  • Pelamar prioritas 1 merupakan Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), non-guru ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru tahun 2021 namun belum memperoleh formasi. 
  • Pelamar prioritas 2 adalah THK-II
  • Pelamar prioritas 3 merupakan Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di dapodik dan masa kerja minimal 3 tahun 
Pelamar Umum

Yang termasuk dalam pelamar umum adalah lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemdikbudristek serta pelamar yang terdaftar di dapodik. 

Jadi apakah kamu termasuk kategori pelamar prioritas atau pelamar umum? 

Yuk segera persiapkan diri kamu untuk mengikuti seleksi penerimaan PPPK Guru tahun 2022. Gabung bersama AYOPPPK! Dapatkan kemudahan belajar dimana saja dan kapan saja!!!

Informasi lebih lengkap kunjungi ayopppk.com
Ikuti instagram @ayopppk untuk update informasi seputar PPPK.