Apa Itu Learning Agility? Materi Baru Pada Rekrutmen Bersama BUMN 2024!

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) telah resmi membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2024. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 23 Maret 2024 dan akan ditutup pada tanggal 1 April 2024 mendatang.

RBB tahun 2024 diikuti sebanyak 110 BUMN yang membuka 688 jenis pekerjaan dengan 1.830 posisi yang dapat dilamar oleh lulusan SMA/Sederajat, D3, D4/S1, hingga S2. Adapun tahapan seleksi pada RBB tahun 2024 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun pada tahun ini ada sedikit pembaharuan yakni adanya tambahan Tes Wawasan Kebangsaan dan Learning Agility

“Ada beberapa tes seperti RBB tahun-tahun sebelumnya yaitu tes kemampuan dasar, tes akhlak, kemudian tes bahasa inggris. Dan mulai tahun ini ada yang kami perbaharui, akan ada tes wawasan kebangsaan dan learning agility. Dimana kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir di masing-masing BUMN yaitu tes kemampuan bidang.” ujar ketua FHCI, Alexandra Askandar.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Learning Agility?

Learning agility adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam situasi yang berbeda. Seseorang dengan learning agility cenderung dapat dengan cepat menghadapi situasi baru.

Lalu bagaimana seseorang dinggap memiliki learning agility yang baik?

  1. Mental Agility
    Mental agility merupakan kemampuan berpikir kritis untuk mengumpulkan informasi secara cepat untuk diterapkan ke kehidupan yang nyata. Mental agility juga termasuk dalam kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang unik dan tidak biasa.
  2. Change Agility
    Change agility adalah sikap ambisius atau selalu penasaran dengan melakukan eksperimen untuk menyelesaikan masalah dengan cara baru yang solutif.
  3. People Agility
    People agility adalah sikap untuk memahami dan mengerti orang lain di dalam dinamika sosial yang kompleks. Open minded, supel, mudah bergaul, fleksibel, dan dapat bekerja dengan tipe orang yang beragam.
  4. Results Agility
    Sikap result oriented atau mengutamakan hasil walaupun dalam kondisi yang cukup menantang. Sebagai contoh, kamu diberi target oleh atasan disaat kondisi yang tidak mendukung, tapi ternyata kamu dapat mencapai target bahkan melampauinya.
  5. Self Awareness
    Dapat memahami kelemahan dan kelebihan diri sendiri untuk beradaptasi pada situasi yang baru.

Jadi, apakah kamu memiliki sikap-sikap dalam learning agility?