Soal Seleksi CASN 2024 Sudah Siap! Disusun Oleh 180 Penulis Dari 38 Perguruan Tinggi.

Selasa, 04 Juni 2024, naskah soal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 telah diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti kepada Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) Abdul Hakim, di Kantor Kementerian PANRB Jakarta.

Naskah soal yang diserahkan meliputi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan soal Seleksi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara, serta Seleksi Kompetensi Teknis untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan apresiasinya terhadap tim penyusun naskah soal yang telah bekerja keras demi menciptakan ASN yang berkualitas. Naskah soal ditulis oleh 180 penulis dari 38 perguruan tinggi se-Indonesia.

“Panselnas dan tim penyusun naskah soal telah berkomitmen agar transformasi ASN bisa diwujudkan sejak tahap awal seleksi,” ungkap Menteri Anas.

Sementara Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim menegaskan, soal-soal ini disusun secara objektif dan profesional. Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data.

Abdul Hakim berharap soal-soal ini mampu menyaring calon ASN yang memiliki karakteristik selaku pelayan publik. Melalui soal ini pula, akan menghasilkan ASN yang mampu berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Serta diharapkan bisa menciptakan ASN yang memiliki keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan, serta memiliki kemampuan mengakselerasi fungsi dan tugas organisasi,” kata Abdul Hakim.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kemendikbudristek Suharti menjelaskan bahwa naskah soal telah dilakukan pendampingan dan penjaminan mutu oleh Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek dan dilakukan telaah bahasa oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Keseluruhan proses penyusunan naskah soal ini menggunakan sistem pengamanan teknologi oleh BSSN serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN, dan BPKP.

Ayo berlatih soal CPNS setiap hari !!! Hanya di ayocpns.com