Rekomendasi Waktu Belajar yang Bisa Memaksimalkan Kerja Otak, Kamu Wajib Baca!

Hayo siapa nih yang lagi persiapan ikut seleksi CPNS dan rekrutmen bersama BUMN 2023 besok? Lagi sibuk-sibuknya belajar ya? Tapi tau nggak, selain belajar keras, penting juga lho memperhatikan waktu belajar karena ternyata waktu belajar berperan penting dalam memaksimalkan fungsi otak selama proses belajarmu. Nggak main-main, waktu belajar yang tepat bisa meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan mental. Nah, udah tau belum kapan waktu belajar yang direkomendasikan para ahli? Simak sampai akhir ya!

Durasi Belajar yang Tepat

Durasi belajar yang recommended yaitu sekitar 3-4 jam per sesinya. Jangan lupa beri jeda istirahat yang cukup dan perhatiin kondisi tubuhmu. Kalo udah ngerasa capek, baiknya ambil jeda istirahat deh. Percuma juga kan maksain belajar saat kondisi tubuhmu udah lelah, belajar jadi nggak efektif!

Sesuaikan dengan Sirkadian Rhythm

Pernah denger sirkadian rhythm? Ini tuh siklus alami tubuh manusia yang nentuin kapan waktunya tidur, bangun, dan segala macam aktivitas lainnya. Sirkadian rhythm juga berperan pada performa fisik dan mental, bahkan bisa memengaruhi mood juga lho. Setiap orang punya sirkadian rhythm yang berbeda-beda, jadi penting buat kamu menyesuaikan waktu belajarmu dengan ritme tubuhmu sendiri. Belajar paling bagus dilakukan di pagi atau siang hari, karena saat itu tubuh cenderung lebih aktif dan fokus, jadi konsentrasimu lebih terjaga dan lebih gampang meresap informasi yang kamu terima. Sementara itu, belajar pada malam hari kurang direkomendasikan ya, karena bisa mengganggu pola tidur dan mengurangi produktivitas belajar.

Teknik Belajar yang Efektif

Selain waktu belajar yang tepat, teknik belajar yang efektif juga bisa bantu memaksimalkan fungsi otak lho. Kamu bisa cobain teknik active recall dan spaced repetition. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, otak bakal lebih efektif memproses informasi sekaligus meningkatkan daya ingatmu.

Kapan Waktu Belajar yang Tepat?

Tiap individu punya kebutuhan belajar yang berbeda-beda, sehingga penting untuk mencari waktu belajar yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh masing-masing. Kamu bisa cobain jam belajar yang berbeda untuk cari tau kapan waktu yang paling cocok untukmu. Catat bagaimana tubuhmu merespon dan kapan kamu memperoleh hasil belajar yang paling optimal.

Hindari Belajar di Waktu yang Tidak Tepat

Belajar di waktu yang tidak tepat bisa mengganggu kualitas tidur dan mengurangi produktivitas belajar lho. Hindari belajar pada malam hari, terutama sebelum tidur, karena itu bisa mengganggu pola dan kualitas tidurmu.

Nah itu dia waktu belajar yang direkomendasikan para ahli. Gimana, udah paham belum? Pemilihan waktu belajar keliatannya sepele ya, padahal ternyata ngaruh banget lho untuk efektivitas belajarmu. Apalagi buat belajar materi seleksi CPNS dan rekrutmen bersama BUMN 2023 yang tentu sangat menguras emosi dan tenaga. Waktu belajar yang tepat bisa bantu memaksimalkan fungsi otak, tidak merusak sirkadian rhythm tubuh, dan tentunya bikin proses belajarmu jadi lebih mudah. Terapkan mulai sekarang ya!

1 thought on “Rekomendasi Waktu Belajar yang Bisa Memaksimalkan Kerja Otak, Kamu Wajib Baca!”

Comments are closed.