Langkah-Langkah Mengikuti Simulasi Online CAT BKN! Sistem Ujian SKD CPNS 2023

Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini sedang dalam tahap pengumuman seleksi administrasi. Hasil seleksi administrasi ditampilkan pada akun SSCASN masing-masing pelamar. Pengumuman hasil seleksi administrasi juga dapat dilihat melalui laman resmi masing-masing instansi. 

Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Sedangkan pelamar yang lulus seleksi administrasi dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diujikan dalam 3 materi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); Tes Intelegensia Umum (TIU); dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jumlah soal SKD sebanyak 110 (seratus sepuluh) soal dengan rincian TWK terdiri dari 30 (tiga puluh) soal, TIU terdiri dari 35 (tiga puluh lima) soal, dan TKP terdiri dari 45 (empat puluh lima) soal.

Ujian SKD dilaksanakan online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam durasi waktu 100 (seratus) menit bagi pelamar umum. Sedangkan bagi pelamar disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus, durasi yang diberikan sebanyak 130 (seratus tiga puluh) menit. 

Melansir dari akun media sosial milik BKN (@bkngoidofficial), BKN mengumumkan adanya simulasi online CAT yang dapat diakses oleh peserta. Simulasi online CAT BKN ini bertujuan agar peserta seleksi dapat mengetahui sistem yang akan digunakan dalam ujian. 

Langkah Mengikuti Simulasi CAT BKN

Berikut merupakan langkah – langkah untuk mengikuti simulasi online CAT BKN:

  1. Kunjungi https://cat.bkn.go.id/ untuk melakukan simulasi CAT BKN
  2. Pilih menu simulasi lalu daftar akun dengan mengisi email dan data diri
  3. Mulai simulasi CAT BKN 

Jadwal Simulasi Online

BKN membagi jadwal pelaksanaan simulasi online CAT berdasarkan wilayah waktu yakni sebagai berikut:

  • Wilayah WIT (Waktu Indonesia Bagian Timur) : Hari Senin dan Selasa
  • Wilayah WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah) : Hari Rabu dan Kamis 
  • Wilayah WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat) : Hari Jumat dan Sabtu 

Hal yang harus diperhatikan: 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait simulasi online CAT BKN, yaitu:

  • Jika lupa email atau password akun simulasi online CAT BKN, peserta tidak dapat melakukan reset password, melainkan harus mendaftar ulang dengan email baru. 
  • Simulasi online CAT BKN bertujuan untuk memperkenalkan tampilan dan cara kerja aplikasi CAT BKN, jadi soal yang tersedia pada saat simulasi bukan acuan atau kisi-kisi yang akan diujikan pada ujian SKD
Sudah siap bersaing dengan ribuan pelamar lain?

Ujian CPNS tinggal menghitung hari! Ayo matangkan persiapan kamu dengan berpartisipasi event 21 Days Try Out Challenge di ayocpns.com.

Di event ini kamu bakal ditantang untuk mengerjakan try out setiap hari selama 21 hari berturut-turut! Selain itu, kamu juga melengkapi mini challenge yang bisa kamu kerjakan setiap harinya!

Apa aja yg kamu dapat?
– Model soal terbaru
– Sistem peringkat Nasional, Provinsi, dan Daerah
– Passing grade 2023
– Try out online CAT
– Pembahasan dan grafik hasil

Try out dimulai pada tanggal 16 Oktober hingga 5 November 2023.

Ayooo tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu dan ajak teman kamu sekarang juga!

Ada spesial GIFTBOX untuk 3 orang peserta yang berhasil memperoleh nilai akumulasi tertinggi (nilai rata-rata 21 hasil try out).