7 Ribu Formasi Rekrutmen CPNS 2023 Kejaksaan Agung! Calon Jaksa Harap Bersiap!

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) tahun 2023 akan segera dibuka. Saat ini proses rekrutmen CPNS sedang dalam tahap validasi data. 

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI, Dr. Hermon Dekristo membenarkan adanya rekrutmen CPNS tahun 2023 yang akan dibuka oleh Kejaksaan. 

“Insya Allah betul. Beberapa bulan yang lalu kami sudah membentuk tim dalam rangka rekrutmen CPNS Kejaksaan.” ungkap Dekristo dalam podcast yang ditayangkan oleh kanal resmi Kejaksaan RI.

Dalam wawancaranya, Dekristo menyampaikan usulan formasi yang akan dibuka pada rekrutmen CPNS Kejaksaan tahun 2023 ini. Total sebanyak 7.846 formasi yang akan dibuka untuk lulusan SMA hingga S-1. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut: 

  • 2.000 formasi jaksa,
  • 1.446 formasi petugas barang bukti,
  • 2.142 formasi pengelola penanganan perkara, dan 
  • 2.258 formasi penjaga tahanan.

Pada rekrutmen kali ini Kejaksaan membuka formasi jaksa besar-besaran sebab Kejaksaan mengalami kekurangan tenaga jaksa ditambah lagi banyaknya jaksa yang sudah memasuki masa pensiun. 

“Kita sangat banyak kekurangan tenaga-tenaga jaksa ditambah lagi dengan banyaknya jaksa jaksa yang sudah memasuki usia pensiun” tutur Dekristo.

Ia juga menuturkan bahwa saat ini jaksa sedang mengalami overload pekerjaan yang mengakibatkan 1 jaksa bisa memegang 32 kasus yang seharusnya hanya 8 kasus. 

“Kita betul-betul kekurangan jaksa. Jadi 1 orang itu sudah mengerjakan sebanyak 32 pekerjaan. Kalau dulu kan 1 banding 8, kalau sekarang sudah 1 banding 32. Sudah sangat jauh dari idealnya. Sudah sangat sangat overload.” lanjutnya.

Dekristo berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mempersiapkan diri dengan baik untuk bergabung bersama Kejaksaan melalui rekrutmen CPNS tahun 2023 ini sebab rekrutmen CPNS Kejaksaan belum tentu dibuka setiap tahunnya. 

“Kami berharap masyarakat Indonesia betul-betul memanfaatkan ini (rekrutmen CPNS) dalam rangka bergabung dengan Kejaksaan.” ujar Dekristo.