5 Kesalahan Yang Bisa Membuat Kamu Gagal Dalam Seleksi Administrasi!

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan dibuka pada bulan September mendatang. Saat ini rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sedang dalam tahap validasi data. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, terdapat tiga tahapan dalam seleksi CPNS yaitu 

  • seleksi administrasi, 
  • seleksi kompetensi dasar (SKD), dan 
  • seleksi kompetensi bidang (SKB).

Ketiga tahapan tersebut saling berkaitan, yang artinya jika dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi maka dapat lanjut ke tahap seleksi kompetensi dasar, begitu seterusnya. 

Meski terlihat mudah untuk dilewati, namun banyak peserta seleksi CPNS yang gagal dalam tahap seleksi administrasi. Berikut merupakan beberapa kesalahan yang bisa membuat kamu gagal dalam seleksi administrasi: 

1. Kesalahan dalam mengisi data

Saat melakukan pendaftaran, hal yang paling penting adalah harus tetap tenang dan teliti. Jangan sampai kamu terburu-buru sehingga mengakibatkan kesalahan-kesalahan yang tidak disadari. Pastikan data-data yang diisikan benar dan sesuai. Contoh, dalam menuliskan nama, nomor ijazah, NIK, dan lain sebagainya.

2. Kesalahan dalam mengunggah dokumen 

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah salah unggah dokumen. Contoh, yang diminta adalah ijazah, namun yang diunggah pas foto. Perhatikan juga format dokumen yang diunggah. Pastikan hasil scan dokumen-dokumen yang diunggah dapat terbaca dengan jelas, tidak buram. Perhatikan juga kebutuhan dokumen yang diminta, jangan sampai ada dokumen yang lupa tidak di unggah.

3. Perhatikan formasi yang dipilih

Hal yang tak kalah penting adalah perhatikan formasi yang akan dilamar. Pastikan kualifikasi pendidikan yang diminta sesuai dengan kualifikasi pendidikan kamu. Jangan sampai mendaftar pada formasi yang kualifikasi pendidikannya berbeda dengan jurusan pendidikan kamu. Contoh, latar belakang pendidikan kamu adalah S1 Kebidanan, maka kamu harus memilih formasi yang mensyaratkan kualifikasi pendidikan S1 Kebidanan jangan malah melamar pada formasi S1 Hukum. 

4. Perhatikan format surat lamaran yang diminta 

Beberapa instansi memiliki format surat lamaran yang berbeda. Pastikan surat lamaran yang kamu buat sesuai dengan format yang diminta oleh instansi yang kamu lamar. Hal ini biasanya tidak disampaikan secara detail dalam laman SSCASN, sehingga kamu harus aktif mencari informasi terkait pada laman resmi atau media sosial instansi yang kamu lamar.

5. Batasan usia

Usia menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran seleksi CPNS. Usia pelamar tidak boleh melebihi batas per tanggal yang telah ditetapkan. Pastikan usia kamu tidak melebihi batas ya.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menjelaskan, ada dua penyebab mayoritas yang membuat pendaftar tidak lolos seleksi administrasi yaitu dokumen dan kualifikasi pendidikan. 

“Dokumen yang di-upload harus sesuai dengan yang dipersyaratkan,” kata Paryono.

Selain itu, kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan formasi yang dilamar.