2 Hari Lagi Dimulai! Siapkan Diri Kamu Hadapi Tes Online Tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tes online tahap 1 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 12 Juni hingga 21 Juni 2023. Jadwal tersebut dapat dilihat melalui laman resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Pada tahap ini diikuti oleh

  • D-III, D-IV/S-1, S-2 : Tes Kemampuan Dasar (TKD) & Tes AKHLAK
  • SMA/Sederajat : Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Melalui akun media sosial resminya, FHCI BUMN menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peserta RBB sebelum mengikuti tes online tahap 1. Hal tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Periksa jadwal tes online 

Jadwal ujian menjadi hal yang sangat penting.Jangan sampai salah jadwal atau bahkan terlewat jadwal ujian. 

2. Pilih tempat yang nyaman 

Ruangan yang nyaman akan meningkatkan konsentrasi dalam mengerjakan soal tes. Pastikan tidak bersama orang lain, sebab sistem akan mengidentifikasi jika terdapat orang lain dan dapat menggugurkan peserta. 

3. Siapkan peralatan dan perlengkapan tes 

Pastikan jaringan koneksi internet dan komputer atau laptop yang digunakan dalam keadaan baik dan tidak ada kendala. Siapkan juga alat tulis dan kertas kosong jika ada yang perlu perhitungan. 

4. Baca petunjuk dengan teliti dan hati-hati 

Tidak perlu terburu-buru mengerjakan soal. Pastikan sudah memahami petunjuk pengerjaan dalam setiap sesi soal dengan benar.

5. Kerjakan soal dengan sebaik-baiknya

Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu agar waktu tidak terbuang habis pada soal yang sulit saja. Setelah seluruh soal dikerjakan, jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah ada soal yang terlewat. 

Selain itu, pelaksana RBB juga menghimbau kepada peserta untuk memanfaatkan trial test dengan maksimal.

Trial test adalah uji coba seleksi tes online yang memberikan kesempatan bagi peserta Rekrutmen Bersama BUMN untuk mencoba dan memastikan keandalan perangkat dan jaringan yang akan digunakan pada saat mengikuti tes online. 

Adapun beberapa tips disampaikan oleh pihak pelaksana RBB yakni:

  • Pastikan jaringan koneksi internet lancar dan stabil.
  • Perangkat yang digunakan saat trial harus sama saat tes online.
  • Wajib menggunakan komputer atau laptop yang dilengkapi perangkat web camera (webcam) dengan spesifikasi: minimum processor core i3 atau setara dan minimum RAM 4GB.
  • Tidak diperkenankan menggunakan handphone/smartphone maupun tablet.
  • Gunakan browser versi terbaru, seperti Google Chrome versi 102 & Mozilla Firefox 102. Pastikan fitur javascript dalam keadaan aktif.
  • Tidak membuka tab/window lain.