17 Hari Menuju Pembukaan Seleksi CPNS 2023! Persiapkan Diri Kamu!

Seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan segera dibuka! Berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis oleh Panitia Seleksi Nasional (panselnas), pengumuman seleksi CASN tahun 2023 akan dimulai pada 16 September 2023 mendatang.

Lihat jadwal terbaru di sini.

Seleksi CASN tahun ini diikuti sebanyak 596 instansi dengan rincian 72 kementerian/lembaga, 33 pemerintah provinsi dan 491 pemerintah kota/kabupaten.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.299 kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2023. Kebutuhan tersebut terbagi untuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 543.396 formasi dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 28.903 formasi. Formasi yang dibuka diperuntukkan bagi lulusan SMA Sederajat hingga S3.

Pendaftaran seleksi CASN dilakukan secara online melalui portal rekrutmen kepegawaian milik BKN di SSCASN BKN-RI.

Dokumen Pendaftaran

Adapun kebutuhan dokumen yang perlu dipersiapkan dalam pendaftaran seleksi CASN tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  • Surat Lamaran 
  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah 
  • Transkrip Nilai 
  • Pas Foto Terbaru Latar Belakang Merah
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar

Tahapan seleksi

Seleksi CPNS terdiri dari 3 tahapan, yakni: 

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD; dan
  3. Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. 

Seleksi administrasi merupakan tahapan awal seleksi yang dilakukan untuk menyesuaikan persyaratan administrasi dan kualifikasi dokumen pelamar dengan dokumen yang dipersyaratkan. Seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 17 September s.d. 9 Oktober 2023. Pengumuman seleksi administrasi dijadwalkan pada tanggal 10 s.d. 13 Oktober 2023.

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD merupakan tahap pengujian terhadap berbagai macam bidang kemampuan. Dalam ujian SKD terdapat 3 bidang materi yang diujikan. Dengan jumlah soal yang diujikan sebanyak 110 butir soal dalam waktu 100 menit. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU), 35 soal;
  2. Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), 30 soal; dan
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 45 soal.

Untuk berlatih soal SKD dan simulasi try out CAT kamu bisa mengaksesnya di ayocpns.com. Tersedia ribuan+ soal HOTS yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi terbaru dan dilengkapi dengan kunci dan pembahasan.

Baca: Materi Yang Diujikan Dalam Seleksi CPNS 2023! Lengkap!

Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB merupakan tahap pengujian akhir yang dilakukan untuk mengukur kompetensi pelamar terhadap bidang atau formasi yang dilamar. Jika peserta dinyatakan lulus SKD, maka peserta dapat mengikuti SKB. Dalam ujian SKB terdapat 100 soal tidak dominan berhitung dan 80 soal dominan berhitung. Waktu yang diberikan sebesar 90 menit.

Ujian dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Titik Lokasi Ujian

Pelaksanaan ujian SKD dilakukan di beberapa titik lokasi yaitu:

  • BKN Pusat 
  • Kantor Regional BKN 
  • UPT BKN 
  • Mandiri BKN 
  • Mandiri Instansi 
  • Luar Negeri

Suharmen, S.Kom, M.Si. selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN menyampaikan bahwa pemerintah memfasilitasi seleksi CASN, baik PNS maupun PPPK yang Cepat, Akuntabel, dan Transparan.